• Maret 22, 2024

Hari Kesehatan Nasional Paling Di Nanti

Hari Kesehatan Nasional (HKN) dirayakan pada tanggal 12 November setiap tahun. Pada mulanya, hari besar ini diadakan untuk menyadarkan betapa pentingnya pembangunan kesehatan dalam masyarakat. Selain itu, HKN juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk menjalankan kebiasaan hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat.

Perayaan Hari Kesehatan Nasional 2020 cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan kondisi pandemi ini, Kemenkes RI mencanangkan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dengan sub-tema \\”Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19\\”. Keduanya bertujuan untuk menghasilkan Indonesia yang sehat serta tak putus hasrat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia.

Latar Belakang dan sejarah singkat Hari Kesehatan Nasional

Awal dari Hari Kesehatan Nasional https://www.artofhairpburg.com/ berawal pada tahun 1950-an. Pada waktu itu, terjadi sebuah wabah penyakit malaria yang menyebabkan ratusan ribu orang meninggal dunia. Penyakit ini hampir menyerang seluruh daerah di Indonesia. Karena kondisi yang mengkhawatirkan ini, pada tahun 1959, pemerintah menyusun Dinas Pembasmi Malaria. Dinas ini kemudian berubah menjadi KOPEM pada tahun 1963.

Dalam menjalankan tugasnya, pemerintah juga berprofesi sama dengan WHO dan USAID. Bersama-sama, mereka berencana untuk menghilangkan malaria di Indonesia pada tahun 1970. Pemberantasan ini dijalankan dengan obat DDT yang disemprotkan secara masal. Hal ini tercapai pada tahun 1964, di mana 63 juta orang sudah terlindungi dari penyakit malaria. Keberhasilan inilah yang kemudian diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional.

Hari Kesehatan Nasional 2020 memiliki tema yang unik dibanding tahun-tahun sebelumnya

Pada perayaan ke-53 pada tahun 2017, Kementerian Kesehatan mengangkat tema “Keluarga Sehat Indonesia Kuat” yang bertujuan untuk menekankan peran keluarga sebagai bagian penting masyarakat dalam mensupport kebiasaan hidup sehat. Pada tahun 2018, dicanangkan tema “Aku Cinta Sehat” dan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” yang dimaksudkan untuk membuat masyarakat lebih sadar, berharap, dan mampu bertindak sehat.

Untuk perayaan ke-55 HKN tahun lalu, Kemenkes menerbitkan logo, tema, dan rangkaian kegiatan HKN. Dengan tema \\”Generasi Sehat, Indonesia Unggul\\”, pemerintah berharap mengajak masyarakat agar senantiasa mempraktikkan kebiasaan hidup sehat. Untuk peringatan ke-56, Hari Kesehatan Nasional 2020 memiliki tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Tema ini cukup unik dibanding tahun-tahun sebelumnya sebab didasari oleh kondisi pandemi.