• April 16, 2024

Jalan Kaki 4.000 Langkah Kurangi Risiko Penyakit Ginjal Pada Obesitas

Obesitas telah lama dihubungkan slot online sebagai unsur risiko yang signifikan dalam perkembangan penyakit ginjal kronis.

Situasi itu bisa terjadi karena kelebihan berat badan bisa memicu gangguan kesehatan lain seperti resistensi insulin hingga tekanan darah tinggi yang berpengaruh lantas pada gangguan fungsi ginjal.

Untuk mengurangi risiko penyakit ginjal, penderita obesitas perlu melakukan sejumlah tindakan sederhana agar risikonya bisa ditekan.

Cara sederhana kurangi risiko penyakit ginjal pada orang obesitas

Orang dengan obesitas bisa mengambil langkah preventif untuk mengurangi risiko penyakit ginjal kronis.

Sebagian cara yang dianjurkan para ahli merupakan rutin melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dengan tujuan agar berat badan konsisten stabil.

Dalam hal ini, para peneliti meninjau 1.200 orang dewasa penderita obesitas yang tidak mempunyai persoalan ginjal atau diabetes selama lebih dari satu dekade untuk memantau situasi ginjal mereka dari waktu ke waktu.

Selama masa penelitian, sekitar 15 persen atau 176 orang menderita penyakit ginjal kronis dan 86 di antaranya meninggal dunia.

Tetapi dalam studi itu, sebagian orang juga diimbau untuk rutin jalan kaki lambat dengan kecepatan di bawah 3,21 km/jam.

Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang melakukan kesibukan berupa jalan kaki lebih lambat mempunyai kemungkinan 48 persen terkena penyakit ginjal kronis, diperbandingkan dengan mereka yang berjalan lebih cepat.

Mereka yang berjalan lambat juga meningkatkan risiko 34 persen dengan kenaikan berat badan 5 kilogram selama penelitian berlangsung.

“Penambahan berat badan bisa menyebabkan tekanan lantas pada fungsi ginjal dan meningkatkan risiko hipertensi dan diabetes, penyebab utama penyakit ginjal kronis,”

Begitulah kata peneliti utama, Meera Nair Harhay, MD, MPH, seorang profesor di Drexel University College of Medicine di Philadelphia.

Sebagian orang yang berjalan kaki lebih lambat sebagai upaya penurunan berat badan juga tidak menunjukkan manfaat yang bagus pada risiko penyakit ginjal kronis.

“Kami tidak menemukan kekerabatan antara penurunan berat badan dan risiko penyakit ginjal.”

“Mungkin karena korelasinya tidak terlihat dalam penelitian kami, karena populasi yang diteliti tidak mempunyai risiko lain seperti diabetes, penyakit kardiovaskular atau obesitas parah (penelitian ini mengecualikan individu dengan berat lebih dari 136 kg),” sebut Meera.