• Maret 26, 2024

Mengenal Soto Betawi Haji Ma’ruf, Tempat Makan Legendaris di Jakarta

Bandung – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang mempunyai beragam tradisi, budaya, dan suku yang berbeda-beda. Selain itu, sajian kuliner yang ada di Indonesia juga bermacam-macam jenisnya dan terkenal kaya akan rasa.

Dari banyaknya makanan di Indonesia, salah satu menu makanan yang populer adalah Soto Betawi. Soto Betawi dikenal sebagai sajian kuliner khas dari Betawi yang sudah terkenal di antara masyarakat Indonesia.

Makanan ini terkenal karena rasa kuahnya yang khas karena memiliki rasa gurih dengan paduan rempah-rempah yang khas. Soto Betawi juga dibuat dengan varian yang beragam mulai dari Soto Betawi Daging, Soto Betawi Babat, dan lain-lain.

Kemudian tempat makan Soto Betawi yang sudah dikenal legendaris di Indonesia adalah Soto Betawi Haji Ma’ruf. Tempat makan ini sudah dikenal dengan slot777 rasanya yang nikmat dan khas.

Soto Betawi Haji Ma’ruf juga pernah dikunjungi oleh tokoh-tokoh penting Indonesia seperti Almarhum Gus Dur, Presiden Joko Widodo, dan Anies Baswedan. Rumah makan ini menyajikan menu soto dengan rasa autentik khas Betawi.

Diketahui, Soto Betawi Haji Ma’ruf sudah berdiri sejak 1940-an dengan memulai perjalanannya sebagai tukang soto menggunakan gerobak keliling. Saat itu, Haji Ma’ruf berjualan dengan memikul gerobak mengelilingi kawasan Cikini, Pasar Kembang, Jakarta Pusat.

Selain berjualan menggunakan gerobak, Haji Ma’ruf juga pernah berjualan di rumahnya yang ada di Gondangdia. Ia juga pernah membuka tempat makannya dengan berjualan mendirikan tenda di pinggir jalan pada tahun 1960 hingga 1970-an.