• Maret 27, 2024

Pasien Diabetes Disarankan Olahraga Jelang Buka Puasa

Jakarta Umumnya orang yang menjalankan ibadah puasa disarankan untuk berolahraga menjelang waktu berbuka. Namun, tidak demikian bagi pasien diabetes.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam Eka Hospital Bekasi, Melisa Diah Puspitasari, orang yang memiliki diabetes sebaiknya tidak melakukan olahraga berat di waktu berpuasa. Yakni antara waktu sahur hingga berbuka.

“Apabila orang dengan diabetes ingin berolahraga, sebaiknya olahraga dilakukan sekitar 1-2 jam setelah waktu berbuka. Olahraga setelah slot berbuka juga dapat membantu kadar gula darah tidak melonjak tinggi,” kata Melisa dalam keterangan pers dikutip Rabu, 27 Maret 2024.

Berolahraga sebelum waktu berbuka tak dianjurkan bagi pasien diabetes karena dapat meningkatkan risiko hipoglikemia atau kondisi gula darah di bawah angka normal.

“Hindari berolahraga menjelang waktu berbuka karena meningkatkan risiko hipoglikemia,” imbau Melisa.

Pilihan olahraga atau aktivitas fisik bagi pengidap diabetes yang sedang berpuasa tak boleh terlalu berat. Jenis olahraga ringan lebih dianjurkan, seperti berjalan kaki atau bersepeda santai.

Sebagai catatan, tidak semua pasien diabetes dianjurkan untuk menjalankan puasa Ramadhan. Pasalnya, setiap pasien memiliki kondisi berbeda tergantung kategori risikonya.

Menurut Melisa, ada tiga kategori risiko pasien diabetes yang boleh dan tak dianjurkan menjalankan puasa. Tiga kategori itu yakni risiko sangat tinggi, risiko tinggi, dan risiko rendah hingga sedang.