• Maret 1, 2024

Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Dimasa Pandemi Covid-19

Meski sudah 3 tahun berlalu, namun sampai saat ini Covid-19 masih terus menjadi penyakit yang perlu diwaspadai. Pemerintah pun sudah melakukan banyak upaya agar penyakit ini tidak terus menyebar, salah satunya adalah dengan memberikan vaksin kepada masyarakat secara gratis.

Namun meski demikian, penyebaran Covid-19 masih terus terjadi, terutama di kalangan anak-anak yang memang masih rentan untuk terserang berbagai penyakit. Ditambah lagi anak-anak masih belum dapat menerima vaksin booster hingga saat ini.

Untuk para orang tua yang khawatir dengan anak-anak mereka, ada baiknya untuk mulai memperhatikan kesehatan anak di masa pandemi Covid-19 ini. Berikut ini kami akan membantu para orang tua yang kesulitan dalam menemukan cara terbaik judi bola parlay untuk menjaga anak dari virus berbahaya.

Tips Kesehatan Anak untuk Orang Tua

1. Bantu Mereka Terbiasa Menerapkan Protokol Kesehatan

Sebelum pandemi menyerang, anak-anak mungkin tidak terbiasa untuk mengenakan masker saat keluar rumah. Bukan hanya itu saja, banyak juga anak yang kerap kali menyentuh setiap hal yang ia lihat. Tentu di era pandemi seperti ini, kebiasaan tersebut bukan merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Coba secara perlahan berikan pengertian kepada mereka jika kita tidak boleh untuk melakukan hal tersebut karena ada virus yang dapat mengancam. Biasakan mereka untuk selalu cuci tangan setelah dari luar ruangan untuk menghilangkan virus yang menempel di tangan.

2. Kontrol Kesehatan Secara Berkala

Setiap manusia memiliki cara tersendiri untuk menghadapi virus yang berada pada tubuh, begitu juga dengan anak. Sebagai orang tua kita harus mempersiapkan untuk yang terburuk, oleh sebab itu ada baiknya untuk selalu mengontrol kesehatan anak secara berkala. Ini adalah cara penanggualangan terbaik agar kita tahu apa yang terjadi pada tubuh anak dan bagaimana cara menanganinya dari ahlinya.

3. Bantu Mereka Aktif Secara Fisik

Di era pandemi seperti ini, ada banyak sekolah yang masih menerapkan pola sekolah online agar membuat anak terhindar dari virus Covid-19. Ini membuat anak menjadi tidak banyak bergerak dan hanya melakukan berbagai kegiatan di rumah saja. Meski demikian, kita harus membuat anak menjadi tetap lebih aktif bergerak. Dapat dengan cara mengajaknya bermain bersama, melakukan aktivitas olahraga bersama, dan aktivitas lain yang dapat membuat anak menjadi lebih aktif.

4. Perhatikan Risiko Stres pada Anak

Bukan hanya orang dewasa saja yang dapat mendapatkan stres, anak-anak juga dapat merasakannya. Apalagi jika anak terbiasa bermain bersama dengan teman-temannya, namun terpaksa harus terus berada di rumah karena pandemi yang sedang terjadi. Sebagai orang tua, kita harus dapat memahami apa yang membuat anak merasa kurang nyaman atau bahkan menyebabkan dia mengalami stres. Bantu ia untuk keluar dari masalah tersebut dan pahami kondisinya.

5. Jasa Asupan Nutrisi

Terakhir yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak. Kita harus memperhatikan asupan nutrisi anak agar mereka tetap terjaga kesehatannya. Asupan anak sangat mempengaruhi kondisi kesehatannya, karena ini akan memberikan mereka imun lebih dalam menangkal virus yang ada. Beberapa rekomendasi makanan yang dapat anak konsumsi adalah teluar, susu, ikan, ubi, alpukat, kacang-kacangan, yogurt, dan tentunya sayur-sayuran yang baik untuk anak.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan untuk anak yang perlu diketahui oleh orang tua agar menghindari anak dari virus berbahaya seperti Covid-19.